Cara membuat paspor anak dan memperpanjang paspor orang tua

by Admin on Nov 22, 2017

Disclaimer:

1. Tulisan ini ditulis berdasarkan pengalaman Penulis membuat dan memperpanjang Paspor pada tanggal 08 November 2017 di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara, Kelapa Gading.

2. Tulisan ini semata merupakan opini pribadi dan tidak bermaksud untuk merugikan pihak-pihak tertentu.


Sistem Antrian Online

Per tanggal 07 Agustus 2017, Ditjen Imigrasi telah menerapkan Sistem Antrian Online untuk seluruh masyarakat yang ingin membuat baru, mengganti buku ataupun memperpanjang Paspor. Jumlah pemohon dibatasi per hari nya oleh Sistem Aplikasi. Waktu itu kami mendaftar sekitar tanggal 10 Oktober 2017 dan jadwal paling awal yang saat itu tersedia adalah tanggal 08 November 2017 (Jadwal penerbangan kami adalah tanggal 30 November 2017). Itupun kami harus berjuang untuk pergi ke daerah Kelapa Gading demi mendapatkan antrian di  tanggal 08 November 2017. Untuk itu, kami menyarankan agar Moms membuat perencanaan yang matang sebelum membeli tiket pesawat. 

Antrian Manual / Prioritas:

Dari informasi yang kami dapatkan dari Petugas setempat, seluruh pemohon wajib menggunakan Antrian Online. Antrian Manual / Prioritas hanya bisa digunakan oleh Bayi, Lansia ,dan perseroangan yang mempunyai penyakit Medis/darurat. Untuk antrian prioritas ini, pemohon tidak perlu antri online dan bisa langsung datang pagi-pagi sekali. Antrian prioritas ini akan dilayani pertama kali ketika Kantor Imigrasi buka dan beroperasi.


Download Antrian Paspor Online di Google Play Store

Penting untuk diketahui, fitur lengkap Aplikasi Antrian Online ini hanya bisa digunakan melalui Download Aplikasi di Google Play Store untuk Smartphone berbasis Android.  Walaupun antrian online imigrasi dapat diakses melalui Website ataupun Browser di Smartphone, namun fitur untuk memilih tanggal antrian tidak akan aktif / tidak berlaku. Pemilihan tanggal antrian hanya bisa diakses melalui Aplikasi di Smartphone berbasis Android.

Imigrasi Online


Klik Disini untuk menonton Video tata cara menggunakan Aplikasi sistem antrian online imigrasi


Datang sesuai jam yang sudah ditentukan di Aplikasi

Dari hasil pengamatan kami, Sistem antrian online akan membagi antrian berdasarkan jam-jam tertentu. Dalam kasus kami, jadwal kedatangan kami sudah ditentukan oleh sistem pada pukul 11:00 – 12:00. Walaupun ketika mendaftar di kami memilih Pagi Hari. Untuk itu kami menyarankan agar Moms memerika kembali status antrian Moms beberapa hari sebelum hari-H.

 

Berpakaian Rapih

Datang 30 menit lebih awal agar Moms masih mempunyai waktu untuk mengisi Formulir. Perlu diketahui bahwa Petugas Imigrasi mengharuskan pengunjung untuk berpakaian rapih. Untuk Pria harus memakai Kemeja, Celana Panjang dan Sepatu. Untuk Wanita diharuskan memakai pakaian yang sopan (jangan memakai rok pendek, baju lengan buntung dan sandal).

Dokumen yang dibutuhkan untuk memerpanjang Paspor Orang Tua:

  1. e-KTP Asli & Fotocopy ukuran A4 (jangan dipotong)
  2. Passpor Lama + Fotocopy halaman depan + Fotocopy halaman belakang
  3. Materai Rp. 6,000 untuk per orang atau per aplikasi

Dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan paspor baru untuk Anak:

  1. e-KTP asli Ayah + Fotocopoy ukuran A4 (jangan dipotong)
  2. e-KTP asli Ibu + Fotocopoy ukuran A4 (jangan dipotong)
  3. Kartu Keluarga (KK Asli) + Fotocopy
  4. Surat Keterangan Kawin Asli  + Fotocopy
  5. Buku Nikah / Akta Perkawinan + Fotocopy
  6. Akta Lahir Ayah (Asli) + Fotocopy
  7. Akta Lahir Ibu (Asli) + Fotocopy
  8. Akta Lahir Anak (Asli) + Fotocopy
  9. Materai Rp. 6,000 untuk per orang atau per aplikasi 

**Perlu dicatat, persyaratan Dokumen diatas berlaku untuk pemohon yang Alamat Rumah Tinggal nya masih sama atau tidak ada perubahan alamat.

 

Alur proses pengurusan Paspor (khusus Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara):

  1. Ketika tiba di Kantor Imigrasi, sebaiknya langsung menghampiri Petugas di pintu paling depan dan meminta Formulir yang bersangkutan. (Catatan: Formulir perpanjangan Paspor berwarna Kuning dan Formulir pembuatan Paspor anak berwarna hijau telur asin).
  2. Ketika sudah mengambil Formulir, masuk ke sebuah Ruangan untuk mengambil print barcode antrian. Moms nanti akan diminta login ke Aplikasi Antrian Online, lalu petugas nanti akan mencetak/Print Barcode sesuai dengan jumlah pemohon ketika mendaftar melalui aplikasi.
  3. Ketika jam sudah menunjukkan waktu sesuai dengan jadwal Moms, minta nomor antrian ke petugas. Ada sebuah mesin ditengah ruang antrian untuk mencetak nomor antrian.
  4. Isi Formulir sembari menunggu nomor antrian Moms dipanggil oleh petugas. Jangan lupa untuk menempel Materai di halaman paling depan Formulir lalu tanda tangan diatas Materai (sebaiknya Moms juga membawa pulpen dan lem sendiri agar tidak repot).
  5. Ketika nomor dipanggil, serahkan Formulir dan semua Fotocopy Dokumen yang sudah Moms siapkan. Lalu nanti Petugas akan meminta dan memeriksa semua Dokumen Asli. Ketika sudah diperiksa, petugas akan mengembalikan semua Dokumen Asli kepada Moms. Simpan Dokumen tersebut karena Dokumen akan diminta diperlihatkan kembali di ruang wawancara / foto.
  6. Dari pengalaman kami, petugas meberikan informasi bahwa pada saat itu sistem e-Passport atau Passport Elektronik sedang mengalami gangguan dan skenario paling buruk Passport baru akan jadi dalam 30 hari kerja. Karena jadwal keberangkatan kami yang sudah dekat kami memutuskan untuk membuat Paspor Reguler saja (Paspor selesai dalam 4 hari kerja). Kelebihan e-Passport ini adalah kita bisa masuk ke Jepang selama 15 hari tanpa perlu membayar Visa (tapi kita tetap harus datang ke Kedutaan Jepang karena Kedutaan akan menempelkan sebuah Sticker di Passport kita).
  7. Setelah semua persyaratan komplit, Moms akan diberikan Nomor Antrian baru untuk nanti dipanggil masuk ke ruang wawancara / foto.
  8. Setelah selesai Foto, petugas akan memberikan sebuah kertas atau Slip Print Out yang berisi Jumlah Rupiah yang harus dibayar.
  9. Dari pengalaman kami, total waktu yang dihabiskan selama pengurusan Paspor ini adalah 2 Jam. Waktu itu kami tiba Pukul 10:30 pagi dan selesai pada Pukul 12:30 siang.

Formulir Paspor


Pembayaran melalui ATM BCA:

  1. Pilih Menu: Transaksi Lainnya --> Pembayaran --> MPN/Pajak --> Penerimaan Negara
  2. Masukkan 15 Digit Kode yang terdapat di Slip Print-Out (lihat gambar dibawah)
  3. Pilih YA untuk membayar

 Slip Imigrasi Paspor





Tata cara Pengambilan Paspor:

  1. Paspor sudah dapat diambil persis di hari ke-4 hari kerja setelah pembayaran (Sabtu & Minggu tidak dihitung). Waktu itu kami melakukan pelunasan tagihan di hari Rabu tanggal 08 November 2017 dan Paspor sudah bisa diambil pada hari Selasa tanggal 14 November 2017.
  2. Jadwal pengambilan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara adalah Pukul 13:00 s.d 16:00.
  3. Ketika tiba di Kantor Imigrasi, langsung menghampiri Loket Pengambilan Paspor. Taruh Slip Pirnt-Out beserta dengan bukti transfer di sebuah keranjang yang terdapat di loket.
  4. Apabila Moms mengambil Paspor yang masih merupakan satu keluarga yang ada di daftar Kartu Keluarga, Moms hanya perlu mempersiapkan e-KTP Asli Moms dan Fotocopy Kartu Keluarga.
  5. Apabila Moms ingin mengambil Paspor dimana orang tersebut tidak terdaftar di satu Kartu Keluarga dari Moms, maka perlu membuat Surat Kuasa yang ditandatangani diatas Materai.
  6. Tunggu nama Moms dipanggil dan nanti petugas akan meminta KTP Asli Moms beserta dengan Fotocopy Kartu Keluarga.
  7. Cek kembali nama yang tertera di Paspor, pastikan nama sudah benar. Lalu tanda tangan di Formulir yang diberikan oleh Petugas.

Demikian tata cara terbaru untuk pembuatan ataupun perpanjangan Paspor untuk anak dan orang tua. Apabila tulisan ini bermanfaat, jangan lupa untuk Share ke teman-teman Moms lainnya yang membutuhkan.